Kamis, 28 Juli 2016

Tutorial Paint Tool SAI "Line Art" Menggunakan Mouse

Posted by Adisty Viendra on 07.46 with No comments
Hai semua-nya!!!!!! (^v^)/ <(ini aku masih newbie lho... buat blog jadi kalau ada kesalahan maafin ya....)

Disini aku akan memberikan tutorial line art menggunakan mouse di Paint Tool SAI. aku memang belum pro-pro banget sih... tapi aku akan kasih tahu apa yang aku telah pelajari dari tutorial-tutorial youtube... cekidot!!!!

Pertama, Siapkan sketsanya... kalau yang dari buku bisa difoto atau discan tapi untuk yang ini aku langsung bikin sketsanya di Paint Tool SAI. jangan lupa turunkan opacitynya agar tidak menggangu saat me-lining-nya.


Opacity : 100%
Opacity : 35%
ini dia sketsanya terlihat perbedaan-nya kan

Kedua, kedua buat layer baru. Ada dua jenis layer yang satu buat mewarnai dan yang satunya buat me-lining.
Buat yang pake mouse pilih lingkaran biru kalau yang merah buat pentab. Jadi buat kita yang pakai mouse yang merah buat mewarnai doang.

Ketiga, ini dia saat yang ditunggu saatnya me-lining \(^W^)/. Saat me-lining kalian bisa memilih nya dari paletnya,kalau aku biasanya menggunakan curve karena lebih mudah.

Bagi yang belum menurunkan opacity-nya segera diturunkan karena terlihat lebih mudah untuk me-lining tanpa ada gangguan.
Ini dia sebagian line-nya dengan menggunakan curve
(ukuran linenya terserah kalian kalau aku sih 0.7)

Kenapa menggunakan curve dan tidak yang line atau pen? itu karena curve lebih mudah untuk membuat lengkungan dibanding menggunakan pen dan line itu hanya membuat garis lurus jadi tidak aku pakai. 

.

.

.

.

Masih bingung aku tunjukin aja contohnya ya (>w<)/
Terlihatkan perbedaannya

Disaat me-lining mungkin ada kesalahan jadi harus diulang teruskan. Tenang kalau ada kesalahan bisa kita edit menggunakan 'Edit' iya edit yang ada dipalet itu berguna banget kalo ada line yang salah. Daripada bingung aku contohkan nih.



Yang kiri belum diedit dan yang kanan setelah diedit










Kelima, ini dia hasil setelah selesai me-lining-nya.

Kenapa? sedikit berbeda? tentu saja sedikit berbeda. Karena belum di pressure. Kegunaannya pressure untuk meruncingkan bagian ujung garis. Seperti ini :

Ini disebelah kiri sebelum dan yang sebelah kanan sesudah


Keenam, selesai sudah kita me-lining. kalian bisa mulai mewarnainya langsung atau mengubahnya seperti ini :
Versi Awal

Ya ini memang ngak begitu kelihatan sih tapi yang pasti ada versi lainnya (^_^)/

Kok bisa? untuk bisa seperti itu aku menggunakan preserve opacity. Dimana? ya disini

Dengan preserve opacity gambar dilayer kalian terkunci jadi yang terwarnai hanya dibagian yang dikunci saja ( kalau menggunakan layer linework harus diubah menjadi layer buat mewarnainya dulu ya biar bisa (>w<)/ )

Sekian tutorial Line Art dari aku \(^O^)/ <(TERIMA KASIH!!!!)

.

.

.

.

.

Tenang tutorial mewarnainya pasti ada kok. Jadi ditunggu aja kalau tugas dari sekolah udah selesai.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

(;¬_¬)<(kalau udah selesai lho...)

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar